Jenis Kunci Bengkel dalam Otomotif

Indoteknik.com – Ragam Jenis kunci bengkel Berikut ini adalah jenis kunci bengkel terbaik beserta gambarnya dan juga penjelasan setiap fungsinya masing-masing.Kunci pas adalah sebuah kunci yang memiliki bentuk setengah segi enam. Ukuran, besaran sudut ataupun diameter ujungnya bervariasi, mulai dari ukuran 6mm sampai 36mm. Pada umumnya setiap ujung kunci pas memiliki diameter berbeda, misalnya ujung kiri 10mm, kanan 11mm dst. 

Jenis Kunci Bengkel yang Wajib dimiliki

Selain perkakas seperti powertools mesin gerinda, mesin bor duduk dan yang lainnya, ternyata masih banyak jenis kunci bengkel yang wajib dimiliki. Karena ini banyak yang penasaran dengan pilihan jenis kunci bengkel terbaik yang wajib dimiliki oleh Teknikers dirumah. Simak penjelasan dibawah apa aja sih jenis Kunci Bengkel yang sering digunakan dirumah :

1. Kunci Pas

1. Gambar kunci pas

Jenis kunci bengkel yang pertama adalah kunci Pas. Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari pemakaian kunci pas ini. Pertama, kita bisa membuka baut dari sisi yang tak akan bisa dicapai oleh kunci ring atau kunci shock. Karena, beberapa bagian sudut kunci biasanya ditutupi oleh suatu lapisan tertentu.

Selain itu, peggunaan yang mudah dan lebih rekat ke baut, produk kunci pas ini bisa kalian temukan disini. produk kunci pas tersebut juga terbaik dikelasnya. Jadi, secara umum fungsi kunci pas adalah untuk membuka atau mengencangkan baut/mur pada sebuah mesin atau benda kerja lainnya.

2. Kunci Ring

1.1 Gambar Kunci Ring

Jenis kunci bengkel yang kedua adalah kunci ring. Apabila Teknikers menemukan kunci yang berbentuk heksagonal di bagian rahangnya, itulah yang dinamakan kunci ring. Kegunaan dari kunci ring salah satunya adalah untuk menjangkau bagian yang sempit.

Fungsi kunci ring sebetulnya sama seperti kunci pas. Hanya saja kunci ring lebih banyak digunakan untuk membuka atau mengencangkan baut/mur dengan kekuatan maksimal. Gaya tuas kunci ring lebih besar karena bagian gagangnya lebih panjang dari kunci pas.

Selain itu, daya cengkram kunci ring juga lebih kuat. Ini karena desain rahangnya yang telah dibuat sedemikian rupa mengikuti konstruksi baut. Kunci ini masuk kedalam jenis kunci bengkel yang wajib ada.

3. Kunci Ring Pas

1.2 Gambar Kunci Ring Pas

Selain kunci ring yang bisa kalian gunakan, ini adalah jenis kunci bengkel yang juga masuk kedalam daftar jenis kunci bengkel yang wajib dimiliki dirumah. Untuk menghemat biaya juga bisa menggunakan kunci ring pas yang dijual di Indoteknik. Anda akan menemukan dua jenis kunci yang terdapat pada satu gagang alat. Di satu ujung adalah kunci pas sedangkan di bagian ujung lain adalah kunci ring. Oleh karena itu, sering pula disebut kunci ring pas.

Umumnya, kunci kombinasi punya kurang lebih sebesar 15 derajat offset terhadap tangkai alat dan dilengkapi dengan satu macam ukuran dalam satu contoh kunci. Misalnya, kunci pas berukuran 10 mm ini di sisi lain tangkainya juga dilengkapi dengan kunci ring dengan diameter berukuran 10 mm

4. Kunci Pipa

1.3 Gambar Kunci Pipa

Tak perlu menjadi tukang bengkel untuk memiliki kunci pipa, karena faktanya, alat ini juga ikut serta kedalam jenis kunci bengkel yang wajib kamu miliki dirumah. Kunci ini juga cukup lazim ditemukan sebagai salah satu kelengkapan alat rumah tangga darurat. Salah satu ciri uniknya adalah kunci ini memiliki bentuk menyerupai kunci inggris. selain fungsi umum untuk membuka baut pada pipa. Namun, ternyata kunci pipa ini juga digunakan oleh mekanik untuk membuka baut yang berukuran lebih besar dari biasanya seperti membuat baut pada homstir/komstir motor.

Secara umum, fungsi kunci pipa adalah untuk melepas dan memasang pipa dari sambungan ulirnya. Tanpa menggunakan kunci ini, maka akan sangat sulit untuk membuka maupun mengunci pipa karena putaran sudut pipa yang sangat kuat dan tak terjangkau tanpa kunci pipa.

5. Kunci Busi

1.4 Gambar Kunci Busi

Kunci busi adalah alat yang berfungsi untuk memasang, mengencangkan, mengendurkan, serta melepas busi kendaraan. Alat ini harus tersedia di kendaraan sebagai langkah pencegahan apabila ada keadaan darurat. Ukuran dan bentuknya dapat berbeda-beda antara satu dan lainnya karena dibuat khusus untuk setiap kendaraan.

Jenis Kunci bengkel ini dibuat untuk memudahkan kita supaya tidak perlu mengeluarkan tenaga saat mengencangkan dengan sangat kuat pada busi. Sehingga, ulir yang ada pada lubang busi dan kepala busitak berisiko patahkarenatekanandalam pengencangan yang terlalukuat.

Kelebihan kunci busi daripada kunci sok atau kunci ring adalah pada bagian dalamnya. Kunci busi dilengkapi karet dan magnet yang berfungsi untuk mengambil busi yang sudah lepas dari kepala silinder mesin kendaraan. Apabila letak busi terlalu menjorok ke dalam, maka busi akan mudah untuk diambil.

6. Kunci Roda Palang

1.5 Gambar Kunci Roda Palang

Kunci roda yang banyak ditemui di hampir seluruh bengkel bisa kalian dapatkan juga di Indoteknik, ia memiliki empat jari-jari. Ujung dari masing jari-jari tersebut menyatu pada suatu titik pusatdan membentuk seperti palang atau silang.

Di bagian ujung luar masing masing palang terdapat satu soket yang memiliki perbedaan ukuran. Kunci roda palang ini dimanfaatkan guna melepas dan mengganti baut roda pada kendaraan bermotor.

Material pembuat kunci roda adalah batang baja yang di bagian ujung-ujungnya memiliki kepala soket berbentuk segi enam.

7. Kunci Shock / Sok

1.6 Gambar Kunci Shock/sok

Kunci sok adalah alat multifungsi yang bisa dipakai untuk mengungkit. Fungsinya, yaituuntuk melepas atau memasang baut dan mur yang ada di kendaraan bermotor. Kunci sok ini memiliki beberapa bagian penting yang menunjang fungsinya.

1. Perpanjangan

Bagian utama yang ada pada kunci sok adalah perpanjangan yang dipakai sebagai penghubung antara handel dankunci sok, terutama apabila baut tak mampu digapai menggunakan tangkai kunci sok.

2. Tuas Pemutar

Kunci sok mempunyai tuas pemutar dengan bentuk yang beragam. Terdapat berbagai bentuk: bentuk huruf T, huruf L, bentuk fleksibel, dan masih beragam lagi. Bentuk kunci sok lain punya fungsi yang bermacam macam. Sedangkan fungsi tuas pemutar yaitu untuk mempercepat lepasnya mur dan baut.

3. Rachet

Rachet adalah handel yang punya fungsi untuk diputar satu arah supaya baut terkunci serupa namun tak merusak alat atau membuatnya patah.

8. Kunci Inggris

1.7 Gambar Kunci Inggris

Siapa yang belum tahu dengan jenis kunci bengkel ini. Kunci inggris adalah kunci yang dipakai untuk mengencangkan atau melepas baut dan mur, terutama apabila usaha tersebut tak bisa diselesaikan dengan memakai kunci pas dan kunci ring.

Bisa dikatakan, kunci inggris adalah garda terakhir yang bisa Anda tempuh ketika tak ada ukuran kunci ring dan kunci pas yang sesuai dengan ukuran mur yang akan dilepas atau pasang.

Cara pakainya tergolong sangat sederhana. Putar terlebih dahulu sekrup pengatur sehingga Anda dapat mengubah ukuran rahang kunci menjadi lebih sempit atau lebih lebar. Barulah setelah itu Anda dapat menggunakannya pada mur yang akan dipasang atau dilepas.

Distributor Alat MRO & Industri Bergaransi Resmi

Lagi cari produk Alat MRO atau Industri tapi susah cari Vendornya? Beli di Indoteknik sekarang 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *