5 Cara Modifikasi Mesin Gerinda menjadi Mesin Poles

mesin gerinda mesin poles

Indoteknik  – Semakin banyaknya pecinta otomotif di Indonesia membuat toko alat teknik dan Industri semakin dicari oleh kalangan pecinta otomotif di Indonesia. Ada banyak pilihan alat teknik yang dijual, Seperti mesin gerinda, mesin poles, mesin bor dan lainnya.

Banyaknya kendaaran yang sering dijemur atau terkena panasnya sinar matahari membuat cat menjadi kusam. Banyak cara untuk menjaga cat kendaraan agar tidak kusam. Salah satu caranya adalah dengan melakukan perawatan poles mobil. Selain untuk membuat cat mobil menjadi kinclong, mesin poles juga membuat cat kendaraan menjadi terawat dan terjaga dari jamur yang membuat kusam.

Selain alatnya yang murah, kamu juga bisa memodifikasi mesin poles dari mesin gerinda yang kalian punya dirumah loh. Sebelum melanjutkan cara membuat mesin gerinda menjadi mesin poles. Persiapkan alat-alat yang untuk memulai mengubah mesin gerinda menjadi mesin poles.

Peralatan untuk ubah mesin gerinda menjadi mesin poles

Selain mudah dalam membuat mesin gerinda menjadi mesin poles, ada beberapa alat-alat yang harus disiapkan karena tidak langsung bisa merubahnya ( tidak plug and play ). Ada banyak resiko jika memaksakan tanpa mempersiapkan alat-alat ini sebelum mulai mengubah mesin gerinda jadi mesin poles. Mintek tidak menyarankan untuk menjadikan cara ini sebagai cara yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Karena speed yang dihasilkan dari mesin gerinda rata-rata mencapai hingga 12.000 Rpm sedangkan speed maximum yang bisa digunakan untuk mesin poles mencapai 7000 Rpm. Perhatikan alat yang harus disiapkan untuk mulai mengubah mesin gerinda menjadi mesin poles:

1. Mesin Gerinda Tangan

Gambar 1. Mesin gerinda bosch 4 inch

Alat pertama yang harus disiapkan untuk membuat mesin poles adalah mesin gerinda. Gerinda menjadi Alat utama untuk mulai merubah mesin gerinda tangan menjadi mesin poles. Banyaknya jenis mesin gerinda dan varian ukuran mungkin membuat kamu bingung. Gerinda yang direkomendasikan adalah dengan kepala diameter 4 inch – 7 Inch. Jenis mesin gerinda selain gerinda tangan tidak bisa digunakan sebagai alat untuk mesin poles. Dengan demikian, itu adalah ukuran rekomendasi untuk mengubah mesin gerinda tangan menjadi mesin poles.

2. Pegangan Gerinda / Handle

handle gerinda

Gambar 2. Mesin gerinda bosch dengan handle 4 inch

Biasanya mesin gerinda sudah dilengkap dengan handle pada saat pembelian, Fungsinya adalah untuk menjaga getaran atau kestabilan yang dihasilkan dari mesin gerinda dan juga dapat membantu untuk mengontrol penuh arah dari mesin gerinda pada saat penggunaanya. Jika saat pembelian mesin gerinda tidak dapat handle kamu juga bisa membeli handle gerinda di online store.

3. Adaptor Mesin Poles

adaptor mesin poles

Gambar 3. Adaptor Gerinda untuk mesin poles

Alat yang dibutuhkan untuk merubah mesin gerinda menjadi mesin poles adalah dengan adaptor mesin poles. Alat ini digunakan untuk membuat mesin gerinda memiliki jarak antara pad dan gerindanya.

4. Dimmer ( Alat Pengatur Speed )

dimmer image

Gambar 4. Dimmer alat pengatur speed

Alat ini menjadi bagian terpenting untuk mengatur kecepatan mesin gerinda. Karena kecepatan maksimum yang dapat dihasilkan untuk membuat mesin poles adalah 7000 Rpm. Dimmer ini dapat membantu untuk mengatur kecepatan gerinda tangan.

5. Pad poles atau Busa Poles

Setiap mesin poles pasti memiliki pad poles atau busa poles, jika kalian memutuskan untuk merubah mesin gerinda menjadi mesin poles maka yang kalian harus siapkan adalah pad poles. Pad poles ini memiliki ukuran yang berbeda beda. Umumnya, memiliki ukuran 4 Inch – 7 Inch. Ukuran ini dapat kalian sesuaikan dengan ukuran pada mesin gerinda yang kamu punya.

Langkah Merubah Mesin Gerinda jadi Mesin Gerinda

Untuk mulai memodifikasi mesin gerinda menjadi mesin poles, harus menyiapkan alat alat diatas terlebih dahulu. Alat ini harus disiapkan karena jika tidak dapat merusak cat kendaraan yang kalian punya. Yuk, mulai merakit untuk simak penjelasannya dibawah ini ya.

1. Buka pengunci mesin gerinda dibagian bawah kepala mesin gerinda.

2. pasang adaptor mesin poles sesuai dengan ukuran yang kamu pilih.

3. Kencangkan baut atau mur pada mesin gerinda

4. Pasang pad poles dan busa poles yang sudah kamu siapkan

5. Pasang colokan listrik gerinda tangan ke dimmer yang sudah kamu siapkan

6. Selesai

Namun, penting untuk diingat bahwa merubah alat listrik dengan cara seperti ini tidak selalu disarankan, kecuali kamu memiliki pengetahuan teknis yang kuat dalam hal ini. Jika kamu tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman, lebih baik gunakan mesin poles yang telah dirancang khusus untuk tugas tersebut. Kamu dapat mencari berbagai jenis mesin poles dan mesin gerinda bergaransi di Indoteknik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *