8 Jenis Mata Gerinda dan Fungsinya

Indoteknik – Mesin gerinda adalah salah satu mesin yang digunakan untuk mengasah atau memotong benda kerja. Mata gerinda, juga dikenal sebagai roda gerinda, memiliki berbagai jenis yang dirancang untuk berbagai aplikasi penggerindaan, pengasahan, atau penghalusan benda kerja. Berikut adalah 8 jenis mata gerinda dan fungsinya yang umum digunakan:

8 Jenis mata gerinda dan fungsinya

Ternyata, pemilihan mata gerinda yang tidak sesuai dengan fungsinya akan membuat hasil yang kurang maksimal. Selain itu, mata gerinda yang tidak sesuai akan mengakibatkan bahayanya dalam pengoperasiannya. Berikut akan mintek bahas jenis dan fungsi mata gerinda.

1. Mata Gerinda Potong (Cutting Wheel)

Mata Gerinda Potong

Gambar 1. Mata gerinda potong (cutting wheel)

Mata gerinda potong ( Grinding Wheel ) mempunyai bentuk datar dengan ketebalan yang dimiliki mulai dari 3 – 8 mm. Sesuai dengan namanya, Mata gerinda potong ini dikhususkan untuk memotong benda sesuai dengan pola yang dibuat. Berikut adalah penjelasan fungsi mata gerinda potong:

– Mata gerinda potong berfungsi untuk melakukan pemotongan alumunium, besi, baja dan stainless, dengan menyesuaikan spesifikasi pada produk tersebut.
– Mata gerinda potong dapat juga digunakan untuk meratakan permukaan benda, tetapi tidak direkomendasikan menggunakan mata gerinda potong. 

2. Mata Gerinda Asah ( Grinding Wheel )

Mata Gerinda Asah

Gambar 2. Mata gerinda asah (grinding wheel)

Selain mata gerinda potong, jenis mata gerinda asah juga yang paling banyak dibutuhkan dan digunakan dalam proses pengerjaan untuk meratakan permukaan. Fungsi mata gerinda asah (Grinding wheel) antara lain:

– Untuk mengikis permukaan besi, stainless dan baja

Baca juga : Jenis mesin gerinda dan cara menggunakannya

3. Mata Gerinda Amplas

Mata Gerinda Amplas

Gambar 3. Mata gerinda amplas

Mata gerinda amplas digunakan untuk meratakan atau menghaluskan permukaan besi dan kayu. Mata gerinda amplas jenis ini memiliki 2 varian yaitu Flap disc dan Fibre Disc. Mata gerinda amplas ini berfungsi untuk menghasilkan Finishing permukaan yang rata dan halus dengan cara mengikis permukaan baik pada permuaan logam atau kayu.

4. Mata Gerinda Tembok (Diamond Turbo Wheel)

Mata Gerinda Tembok

Gambar 4. Mata gerinda Tembok ( Diamond Turbo Wheel )

Mata gerinda Tembok ini digunakan untuk mengasilkan permukaan rata dan meratakan serta mengikis sisi granit utnuk menciptakan lekukan sesuai pola yang diinginkan. Mata gerinda jenis ini dapat digunakan untuk pengikisan permukaan tembok, acian dan marble / granit.

5. Sikat Gerinda (Steel Wire Brush)

Sikat Gerinda

Gambar 5. Mata Gerinda Sikat ( Steel wire brush )

Mata gerinda sikat berfungsi untuk membersihkan permukaan logam dari adanya kotoran seperti karat, kerak, serta oksidasi (Karat) pada permukaan logam. Alat ini dapat jga berfungsi untuk mengkupas lapisan kulit liat kayu dengan tujuan menghilangkan lapisan tersebut. Alat ini memiliki 2 bentuk yaitu bentuk rata (Wheel wire brush) dan bentuk mangkuk (Cup wire brush).

6. Mata Gerinda Potong Keramik (Diamond Wheel)

Diamond Wheel

Gambar 6. Mata Potong Keramik (Diamond Wheel)

Mata gerinda potong keramik memiliki celah yang bertujuan untuk menghilangkan overheat pada saat dilakukan pengoperasiannya. Mata gerinda jenis ini memiliki 2 jenis yaitu wet dan dryMata pisau potong keramik wet, proses pemotongan harus menggunakan air sebagai media pendinginannya. Sedangkan jenis kering tidak perlu menggunakan air, karena sudah di buat sesuai dengan fungsinya. Selain itu, Fungsi umum mata gerinda potong keramik adalah untuk memotong keramik agar mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Mata Gerinda Flexible ( Flexible Grinding )

Flexible Grinding 

Gambar 7. Mata gerinda flexible kinik

Mata gerinda flexible ( Flexible disc ) secara fisik memiliki bentuk seperti batu gerinda asah, namun lebih tipis pada bagian permukaannya memiliki pola atau pattern. Jenis mata gerinda ini biasanya digunakan untuk mengikis permukaan logam pada area terbatas atau sempit.

8. Polishing Pad & Wool Poles (Wool polsihing)

Wool polsihing

Gambar 8. Mata gerinda polishing pad dan wool poles

Wool polishing merupakan mata gerinda yang digunakan untuk melakukan proses finishing pemolesan. Wool polishing ini digunakan untuk mempoles bagian permukaan mobil yang baret atau lecet akibat gesekan kain lap yang kotor dengan menggunakan cairan pengilang goresan atau wax. Cairan itu diratakan pada bagian permukaan yang tergores kemudian diaplikasikan dengan menggunakan Wool polishing ini secara lembut dengan perlahan pada permukaan yang kasar.

Itulah beberapa jenis dan fungsi dari mata gerinda yang sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan seusai dengan kebutuhan. Lagi bingung cari toko yang jual mata gerinda lengkap dimana? cari mata gerinda di Indoteknik aja. Toko tekniknya indonesia pasti lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *