Baut Laptop Rusak? Kenali Jenisnya Sebelum Mengganti

Agar lebih memahami jenis baut laptop, sebelum menggantinya harus memahami dulu apa saja dan ukuran berapa yang sesuai, untuk menghindari kesalahan dalam membeli atau menggantinya. Ukurannya yang kecil ini harus diperhatikan detail karena banyak sekali variasi ukuran pada baut laptop yang dijual di online store.

Baut laptop adalah sekrup kecil yang berfungsi sebagai pengikat atau penahan komponen-komponen di dalam laptop. Komponen-komponen ini bisa berupa:

  • Casing: Bagian luar laptop yang melindungi komponen internal.
  • Keyboard: Bagian yang digunakan untuk mengetik.
  • Touchpad: Bagian yang berfungsi sebagai pengganti mouse.
  • Hard disk: Tempat penyimpanan data.
  • RAM: Memori sementara untuk menjalankan program.
  • Motherboard: Sebagai pusat dari semua komponen.
  • Dan masih banyak lagi.

Fungsi Utama Baut Laptop:

Menstabilkan struktur: Baut membantu menjaga stabilitas struktur laptop sehingga tidak mudah rusak atau bengkok.

Menghubungkan komponen: Baut berfungsi untuk menyatukan komponen-komponen laptop agar tidak lepas dan berfungsi dengan baik.

Menjaga kekencangan: Baut memastikan semua komponen terpasang dengan kencang sehingga tidak mudah bergeser atau lepas.

Mengapa Penting Memahami ukuran Baut Laptop?

Selain fungsi dari bautnya, kita juga perlu mamahami ukuran – ukurannya. Untuk membantu jika baut yang digunakan slek dapat segera tau ukuran untuk menggantinya

  • Perbaikan: Jika ada komponen laptop yang rusak, Anda perlu melepas baut untuk menggantinya.
  • Upgrade: Saat ingin mengupgrade komponen laptop, seperti menambah RAM atau mengganti hard disk, Anda juga perlu melepas baut.
  • Pembersihan: Untuk membersihkan bagian dalam laptop dari debu, Anda perlu melepas beberapa baut.

Cara Mengukur Baut Laptop

Mengukur baut laptop dengan tepat sangat penting untuk memastikan Anda mendapatkan pengganti yang sesuai. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk melakukannya:

Gambar 1 sumber google image

Baut memiliki 3 komponen utama, bagian baut, diameter baut dan panjang baut. Contoh Notasi Ukuran Baut:

  • M3x8: Diameter 3mm, panjang 8mm
  • M2x5: Diameter 2mm, panjang 5mm

Umumnya baut yang tersedia di online store memiliki perbedaan pada ukuran aktualnya, biasanya minus 0.2 mm misalnya untuk ukuran M2, aktualnya memiliki ukuran hanya 1.8 mm. Padahal seharusnya memiliki diameter 2 mm. Oleh karena itu harus lebih diperhatikan lagi untuk kesesuaian pada ukuran baut yang tersedia.

Setelah memahami bagaimana cara mengukur baut laptop sendiri, selanjutnya adalah mencari baut yang sama seperti pada kebutuhan baut anda. Akan lebih mudah dalam mencari produknya di Online store setelah mengetahui panjang dan lebar dari baut yang dicari. Contohnya adalah baut yang dicari berukuran M2x3, tinggal cari saja di google untuk ukuran tersebut nanti akan muncul online store yang menjual baut laptop dengan ukuran tersebut.

Dengan memahami jenis-jenis baut laptop, Anda tidak hanya bisa melakukan perbaikan mandiri, tetapi juga menjadi lebih mandiri dalam merawat perangkat elektronik lainnya. Yuk, jadilah #teknisiDIY!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *